Enskripsi dan deskirpsi


ENKRIPSI DAN DEKRIPSI
Pengamanan sistem computer 
Enkripsi adalah proses dimana informasi atau data yang hendak dikirim, diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dapat dikenali sebagai informasi pada awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu.
Deskripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk yang disamarkan menjadi informasi awal. 

Contoh :
Saat anda mengirimkan Surat tersebut dan diterima oleh Pacar anda, maka  pacar anda akan mengubah kembali font Bookshelf symbol menjadi Font Arial  agar bisa dibaca kembali. Maka Pacar anda telah melakukan yang disebut Proses Deskripsi (Descryption) dengan mengunakan Private Key (karena dengan kunci yang sama , bukan Public key) pada kasus ini keyword nya adalah Font  Arial.

Contoh aplikasi untuk enkripsi dan dekripsi.
         1.     Standalone
2.     EasyCrypto Deluxe
3.     Mooseoft Encrypter
4.     PowerCrypt 2000
5.     Kryptel
          6.     Jaringan
7.     PGP
8.     CIPE
9.     SSH
10. SSL


Contoh dari Stand Alone

EasyCrypto Deluxe

EasyCrypto adalah sistem dengan satu kunci (single key system) sehingga tidak dapat digunakan untuk mengenkripsi file yang akan dikirimkan ke orang lain. Perangkat ini lebih cocok untuk mengamankan file pribadi di PC.
 


Contoh dari Jaringan

1.     PGP

Program enkripsi yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi dengan menggunakan “private-public key” sebagai dasar autentifikasinya.

2.     Alasan mengunakan PGP

Aspek yang paling umum dari PGP adalah penandaan dan enkripsi dari sebuah email atau sebuah file. 
Penandaan sebuah dokumen adalah cara membuktikan integritas dari pekerjaan yang asli. Selain itu dalam dunia internet terdapat apa yang disebut aktivitas sniffing atau packet dumping atau bahkan pengawasan yang dengan program tertentu dapat dengan mudah mengetahui password atau apa saja yang dikerjakan orang lain lewat intenet. Aktivitas ini tidak membutuhkan keahlian komputer yang tinggi, cukup men download programnya saja dan tinggal dijalankan. Dengan semakin luasnya penggunaan e-mail dari urusan rumah tangga sampai ke rahasia perusahaan dan bahkan rahasia negara, maka orang-orang kini mempertanyakan sejauh mana e-mail dapat dipercaya untuk membawa informasiinformasi yang sensitif bagi kita. Dengan PGP, kita mendapatkan lebih dari sekedar privasi. Kita dapat memastikan bahwa e-mail ini memang berasal dari si pengirimnya dan bukan e-mail palsu dari pembuat surat kaleng yang mengatas namakan orang lain. Sebaliknya, kita juga dapat bahwa e-mail ini memang berasal dari si pengirimnya tanpa dapat disangkal oleh sipengirim tersebut.

3.     Cara kerjanya

PGP merupakan publik key kriptosistem, maksudnya ia  menggunakan sepasang key untuk enkripsi dan dekripsi dokumen. Sepasang itu, yang satu disebut sebagai "private key" dan pasangannya disebut "publik key".Setiap PGP user memiliki sepasang kunci sandi, key pair, tersebut. Private key [yg aksesnya dilindungi oleh passphrase] digunakan untuk mendekrip dokumen yang terenkripsi [dgn publik key pasangannya]. Sedangkan publik key fungsinya untuk mengenkrip atau menyandi dokumen. Publik key ini yang anda bagi-bagikan ke  teman-teman dan relasi anda, sehingga mereka bisa menggunakannya  untuk mengenkripsi dokumen-dokumen elektronik yang  ditujukan untuk anda, atau menguji digital signaturenya dokumen-dokumen yang anda kirim

Popular posts from this blog

Sejarah Dan Tahun Perkembangan Mobile Computing

Cara Membuat Tombol Power Pada Windows 10