Macam-macam Sistem Operasi Smartphone



Macam-macam Sistem Operasi Smartphone

Operating System
Sistem operasi adalah Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi mempunyai peran penting daladrm perangkat sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Windows Mobile
Macam-macam OS mobile :
1.      Windows Phone
Windows Phone adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Sistem operasi ini pertama diluncurkan bulan Oktober 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011.Dengan Windows Phone, Microsoft menciptakan antar muka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI. Selain itu, perangkat lunak ini terintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft, serta menetapkan persyaratan minimal untuk perangkat keras yang memakai SO ini.
2.      Symbian OS
Symbian os diciptakan oleh David Edwin Potter lahir tanggal tahun 1943 di East London, dipopulerkan oleh Nokia dan sempat menjadi ‘raja’ ponsel di seluruh dunia. Beberapa ponsel Nokia ber-OS Symbian yang laris diantaranya adalah tipe 6600 dan N-Gage. Bukan hanya Nokia yang memakai Symbian, vendor kelas atas lain pun turut ikut mencicipi, seperti Samsung, Sony Ericsson (Sekarang Sony), dll. Namun cukup disayangkan Symbian telah dimatikan atau discontinued.

3.      Android
Android diciptakan oleh Andy Rubin merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone serta komputer tablet. Android pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc., dengan dukungan finansial yang berasal dari Google, yang kemudian Google pun membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi android tersebut secara resmi dirilis pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya sebuah perusahaan Open Handset Alliance, konsorsium dari beberapa perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, serta telekomunikasi yang memiliki tujuan untuk memajukan standar terbuka dari perangkat seluler. Ponsel yang berbasis sistem operasi Android pertama dijual pada bulan Oktober 2008.

4.      Blackberry
Blackberry diciptakan oleh Mike Lazaridis. Lahir 14 Maret 1961, di Istambul Turki. BlackBerry (BB) adalah perangkat selular yang pertama kali di perkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan kanada yang bernama Research In Motion (RIM). Blackberry masuk dan diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh perusahaan operator Indosat dan perusahaan Starhub. Produk yang menjadi andalan Blackberry yaitu layanan Push e-mail nya karena semua e-mail baru, daftar kontak dan informasi kalender “didorong” secara otomatis masuk kedalam Blakberry dan dengan Push e-mail milik BlackBerry pengiriman dan penerimaan e-mail dengan BlackBerry dapat dengan mudah dilakukan dan tentunya e-mail yang dikirim dan diterima sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman 99% dari virus.

5.      iOS
Steven Paul “Steve” Jobs adalah salah seorang penemu Macintos, Sistem Operasi awal dari Mac OS. Penemu Macintosh (Father of Macintos), Mac OS, iOS. iOS adalah sebuah sistem operasi mobile yang diciptakan oleh Apple sejak Januari 2007 , Steve Jobs sebagai CEO diwaktu itu. Awalnya sistem operasi mobile ini tidak dinamakan iOS oleh Apple melainkan sistem operasi versi dari OS X atau disebut juga iPhone OS. Sistem operasi ini dulunya belum dapat bekerja menggunakan perintah copy dan paste, dan multi tasking. Bagi perusahaan lain seperti Google dapat melihat peluang dari kelemahan sistem operasi ini sehingga google menciptakan sistem operasi barunya yaitu Android. Versi iOS dulunya berawal dari versi iPhone OS 1.0 (initial release) June 2007 hingga iPhone OS 3.1 – 3.2 versi terakhir dari nama iPhone OS pada September 2009.

6.      Firefox Mobile
Firefox Os adalah Operating System terbaru dari Mozilla, hadir di tahun 2013. dan siap untuk  memasuki persaingan baru dunia mobile os dengan merilis sistem operasi baru mereka bernama firefox os. Firefox os pada awalnya memempunyai nama project b2g (boot2gecko), gecko sendiri adalah mesin render yang digundipakai ole browser mozilla firefox serta sekarang digundipakai untuk membuat firefox os. persiapan mozilla untuk merilis firefox os ini disertai dengan kerjasama mereka dengan operator seluler besar layaknya telefonica, deutsche telekom, sprint, telecom italia serta telenor.  Firefox os dari mozilla ini cukup memerlukan spesifikasi hardware dengan memori ram 256 mb .

7.      Bada
Sistem operasi Bada adalah sistem operasi smartphone terbaru yang dikembangkan oleh perusahaan Samsung Electronics pada  tahun 2010. Sistem operasi Bada khusus dipergunakan untuk
peranti genggam yang diproduksi Samsung.



8.      Tizen OS
Sistem operasi Tizen adalah sistem operasi yang di kembangkan sendiri oleh Samsung .Tizen OS tercipta ketika Intel bergabung dengan Samsung pada tahun 2011 setelah keduanya telah meninggalkan proyek-proyek sebelumnya masing-masing, MeeGo dan LiMo. Tizen OS telah dianggap sebagai rebranding dari MeeGo, tetapi Carsten Haitzler, seorang insinyur perangkat lunak yang dikenal untuk memimpin pengembangan browser Enlightenment milik Linux tidak setuju akan pernyataan ini. Sebuah posting yang ditulis oleh Haitzler pada halaman general questions Tizen pada 2011 menyatakan bahwa perangkat lunak ini "menggabungkan antara Samsung LiMo / SLP dan cara kerja dari MeeGo, bukan hanya mengganti nama MeeGo.”

9.      Ubuntu Touch
Ubuntu Touch (dikenal juga sebagai Ubuntu Phone) adalah versi mobile dari sistem Operasi Ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical dan komunitas Ubuntu. Pendiri Canonical Mark Shuttleworth, tidak menyebut produsen apa yang akan membuat ponsel berbasis Ubuntu. Namun yang jelas, ia menjanjikan ponsel tersebut terbilang kategori premium dan dipasarkan pada tahun 2014.



10.      Sailfish
 Sailfish adalah sistem operasi baru besutan Jolla yang masih dalam tahap research and development. Jolla dibentuk oleh pegawai Nokia dan sudah meluncurkan perangkat pertama ber-OS Sailfish. OS Sailfish ini sudah dibuat pada tahun 2012, namun masih belum sempurna  Banyak media mengatakan bahwa Sailfish adalah sitem operasi modifikasi dari MeeGo. OS Sailfish berjalan diatas linux yang berkemungkinan bisa menjalankan aplikasi Android (eksekusi file .apk). Antar muka yang ditawarkannya seperti pada BB OS 10.x, yaitu swiping / gesture. Spesifikasi minimum yang disyaratkan pun cukup terbilang lumayan. Sistem operasi ini bersifat terbuka (Open Source).

Comments

Popular posts from this blog

Trik Menyimpan Data Pada Harddisk Yang Hampir Penuh

Sejarah Dan Tahun Perkembangan Mobile Computing

Sejarah Bappeda Aceh Timur